APLIKASI SISTEM INFORMASI BISNIS
CRM adalah sebuah pendekatan baru dalam mengelola hubungan korporasi
dan pelanggan pada level bisnis sehingga dapat memaksimumkan komunikasi,
pemasaran melalui pengelolaan berbagai kontak yang berbeda dengan
pelanggan. Pendekatan ini memungkinakn untuk mempertahankan pelanggan
dan memberikan nilai tambah terus menerus pada pelanggan, selain juga
memperoleh keuntungan yang berkelanjutan.
- Sasaran CRM adalah untuk meningkatkan pertumbuhan jangka panjang dan profitabilitas perusahaan melalui pengertian yang lebih baik terhadap kebiasaan (behavior) pelanggan.
- Tujuan CRM untuk menyediakan umpan balik yang lebih efektif dan integrasi yang lebih baik dengan pengendalian return on investment (ROI) di area ini.
- Fungsi CRM
- Membangun proses ujung ke ujung dalam melayani pelanggan
- Menyediakan dukungan pelanggan yang sempurna
- Menangani keluhan/komplain pelanggan
- Mengidentifikasi faktor-faktor yang penting bagi pelanggan.
- Manfaat ERP
- Globalisasi dunia telah membuat jaringan bisnis semakin meluas.
- Domain konsumen dari sebuah perusahaan tidak lagi hanya berasal dari satu region melainkan dari seluruh dunia.
- kemudahan untuk mendapatkan informasi tanpa harus terhambat oleh masalah waktu dan jarak
- Memungkinkan melakukan integrasi secara global,
- Menghilangkan kebutuhan pemutakhiran dan koreksi data seperti yang terjadi pada sistem yang terpisah.
- Tujuan ERP
- Otomatisasi dan integrasi banyak proses bisnis.
- Membagi database yang umum dan praktek bisnis melalui enterprise.
- Menghasilkan informasi yang real-time.
- Memungkinkan perpaduan proses transaksi dan kegiatan perencanaan.
- Tujuan PRM
- Meningkatkan hubungan antara perusahaan dengan pelanggan yang sudah ada untuk meningkatkan pendapatan perusahaan.
- Menggunakan informasi yang terintegrasi untuk menghasilkan pelayanan yang paling mMeningkatkan efisiensi emuaskan dengan memanfaatkan informasi.
- Menghasilkan konsistensi dalam prosedur dan proses saluran jawaban kepada pelanggan.
- Manfaat PRM
- Mendorong loyalitas pelanggan aplikasi CRM.
- Mengurangi biaya dengan penerapan CRM.
- Peningkatan time to market.
- Peningkatan pendapatan.
- Meningkatkan efisiensi.
- Tujuan SCM dari supply chain adalah untuk memastikan sebuah produk berada pada tempat dan waktu yang tepat untuk memenuhi permintaan konsumen tanpa menciptakan stok yang berlebihan atau kekurangan.
- Manfaat SCM
- Meningkatkan jaringan Supply Chain
- Penundaan diperkecil.
- Enhanced kolaborasi.
- Mengurangi Biaya.
- Tujuan KM :
1. Buat repositori pengetahuan,
2. Meningkatkan aset pengetahuan,
3. Meningkatkan lingkungan pengetahuan,
4. Mengelola pengetahuan sebagai aset.
- Manfaat KM :
1. Meningkatkan akses informasi yang relevan,
2. Memfasilitasi kolaborasi & berbagi pengetahuan,
3. Mempertahankan pengetahuan institusional,
4. Atasi batas-batas organisasi geografis,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar