Selasa, 04 Oktober 2011

Konsep Sistem Informasi

APLIKASI SISTEM INFORMASI BISNIS

CRM adalah sebuah pendekatan baru dalam mengelola hubungan korporasi dan pelanggan pada level bisnis sehingga dapat memaksimumkan komunikasi, pemasaran melalui pengelolaan berbagai kontak yang berbeda dengan pelanggan. Pendekatan ini memungkinakn untuk mempertahankan pelanggan dan memberikan nilai tambah terus menerus pada pelanggan, selain juga memperoleh keuntungan yang berkelanjutan.
  • Sasaran CRM adalah untuk meningkatkan pertumbuhan jangka panjang dan profitabilitas perusahaan melalui pengertian yang lebih baik terhadap kebiasaan (behavior) pelanggan. 
  • Tujuan CRM untuk menyediakan umpan balik yang lebih efektif dan integrasi yang lebih baik dengan pengendalian return on investment (ROI) di area ini.
  •  Fungsi CRM
    • Membangun proses ujung ke ujung dalam melayani pelanggan
    • Menyediakan dukungan pelanggan yang sempurna
    • Menangani keluhan/komplain pelanggan
    • Mengidentifikasi faktor-faktor yang penting bagi pelanggan.
ERP(Enterprise Resource Planning) atau Perencanaan sumber daya Perusahaan adalah suatu sistem perusahaan yang bersifat lintas fungsional dan bertindak mengintegrasikan dan mengotomatiskan berbagai proses bisnis yang harus terpenuhi di dalam suatu perusahaan seperti kegiatan pabrikasi, logistik, distribusi, akuntansi, keuangan, dan fungsi sumber daya manusia .
  • Manfaat ERP
    • Globalisasi dunia telah membuat jaringan bisnis semakin meluas.
    • Domain konsumen dari sebuah perusahaan tidak lagi hanya berasal dari satu region melainkan dari seluruh dunia.
    • kemudahan untuk mendapatkan informasi tanpa harus terhambat oleh masalah waktu dan jarak
    • Memungkinkan melakukan integrasi secara global,
    • Menghilangkan kebutuhan pemutakhiran dan koreksi data seperti yang terjadi pada sistem yang terpisah.
  • Tujuan ERP
    • Otomatisasi dan integrasi banyak proses bisnis.
    • Membagi database yang umum dan praktek bisnis melalui enterprise.
    • Menghasilkan informasi yang real-time.
    • Memungkinkan perpaduan proses transaksi dan kegiatan perencanaan.
PRM adalah sistem metodologi, strategi, perangkat lunak, dan kemampuan berbasis web yang membantu produsen untuk mengatur dan mengelola hubungan dengan mitra bisnis
  • Tujuan PRM
    • Meningkatkan hubungan antara perusahaan dengan pelanggan yang sudah ada untuk meningkatkan pendapatan perusahaan.
    • Menggunakan informasi yang terintegrasi untuk menghasilkan pelayanan yang paling mMeningkatkan efisiensi emuaskan dengan memanfaatkan informasi.
    • Menghasilkan konsistensi dalam prosedur dan proses saluran jawaban kepada pelanggan.  
  • Manfaat  PRM
    • Mendorong loyalitas pelanggan aplikasi CRM.
    • Mengurangi biaya dengan penerapan CRM.
    • Peningkatan time to market.
    • Peningkatan pendapatan. 
    • Meningkatkan efisiensi.
SCM adalah pengelolaan suatu jaringan interkoneksi bisnis yang terlibat dalam penyediaan utama dari produk dan layanan paket yang dibutuhkan oleh konsumen akhir. Supply chain management mencakup semua gerakan dan penyimpanan bahan baku, pekerjaan dalam proses inventarisasi, dan barang jadi dari titik asal ke titik konsumsi (rantai suplai).
  • Tujuan SCM dari supply chain adalah untuk memastikan sebuah produk berada pada tempat dan waktu yang tepat untuk memenuhi permintaan konsumen tanpa menciptakan stok yang berlebihan atau kekurangan.
  •  Manfaat SCM 
    •  Meningkatkan jaringan Supply Chain
    •  Penundaan diperkecil.
    •    Enhanced kolaborasi.
    • Mengurangi Biaya.
 KM adalah strategi dan praktek yang digunakan dalam organisasi untuk mengidentifikasi, menciptakan, mewakili, mendistribusikan, dan kemungkinkan adopsi wawasan dan pengalaman.
  • Tujuan KM :
          1. Buat repositori pengetahuan,
          2. Meningkatkan aset pengetahuan,
          3. Meningkatkan lingkungan pengetahuan,
          4. Mengelola pengetahuan sebagai aset.
  • Manfaat KM :
1.   Meningkatkan akses informasi yang relevan,
2.   Memfasilitasi kolaborasi & berbagi pengetahuan,
3.   Mempertahankan pengetahuan institusional,
4.   Atasi batas-batas organisasi geografis,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar